Informasi tempat wisata di Indonesia | Jakarta | Bali | Bandung | Dunia | Manca Negara | Terindah | Terpopuler | Biro Wisata Murah

Pantai Menganti, Keindahan Pantai Pasir Putih Dibalik Bukit Kapur Kebumen

Wisata Kebumen, Jawa Tengah - Pantai Menganti namanya, sebuah pantai indah dibalik perbukitan batu kapur ini belum banyak diketahui oleh banyak orang. Keberadaannya yang tersembunyi dan sulitnya menjangkau tempat wisata ini menjadi sebab mengapa belum banyak orang mengetahui Pantai Menganti yang berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen ini. Padahal, jika anda memang pernah ketempat wisata pantai ini anda akan berkata bahwa pantai menganti memang benar-benar indah. Pasir putih yang terbuat secara alami oleh abrasi batu gamping, pohon-pohon kelapa disepanjang tepian pantai menjadikan Menganti sebagai objek wisata yang harus anda kunjungi ketika anda memilih Jawa Tengah sebagai tujuan berwisata.

Wisata Pantai Menganti Objek Wisata di Kebumen Jawa Tengah

Berada di arah barat dari Kecamatan Gombong, untuk bisa mencapai pantai yang indah ini anda bisa menggunakan kendaraan sepeda motor. Sepeda motor dipilih karena tidak ada alat transportasi umum untuk bisa mencapai pantai Menganti ini. Jikalaupun ada, kendaraan roda 4 tidak akan mampu membawa anda sampai ke bibir pantai karena kondisi jalan yang sempit juga terjal. Begitu juga dengan kendaraan roda 2 pun tak mampu mengantarkan anda hingga ke bibir pantai namun dengan menggunakan motor anda akan mampu mencapai lebih dekat ke bibir pantai berpasir putih yaitu Pantai Menganti. Sebenarnya ada 2 rute yang bisa anda pilih, yang pertama jika anda berada di Gombong, anda bisa mengambil arah Puring, belok kanan menuju Pantai Suwuk dilanjutkan menuju Pantai Menganti dengan melewati jalan yang cukup menakutkan karena penuh dengan tikungan tajam dan tanjakan yang curam, jika anda memilih rute ini, jaraknya sekitar 38 kilometer. Rute ke 2, dari Gombong anda bisa menuju arah barat menuju Pantai Logending lalu ambil jalur naik ke arah Pantai Menganti, pemilihan rute ini anda menempuh jarak 45 km yang bisa dicapai sekitar 1,5 jam.

Perjalanan yang tidak mudah untuk mencapai Pantai Menganti akan tergantikan oleh keindahan pantai yang masih tergolong cukup alami. Dipinggiran bibir pantai anda bisa menikmati keindahan perbukitan batu kapur yang terlihat memanjang sepanjang pantai. Disini pula anda bisa menyapa para nelayan langsunng karena biasanya mereka bersantai sejenak setelah semalam berlaut. Ikan-ikan segarpun bisa anda beli langsung dari nelayan dengan harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan harga di pasar.

Pantai Menganti Kebumen yang menjadi salah satu tempat wisata di Jawa tengah memang belum cukup lama dibuka untuk umum, baru pada tahun 2011 pemerintah Desa setempat membukanya untuk umum yang sebelumnya hanya digunakan untuk pendaratan para nelayan. Karena itu, pemerintah Kabupaten Kebumen belum menggarap objek wisata pantai ini secara serius. Diharapkan, kedepan pantai ini akan mampu menjadi destinasi wisata di daerah Kebumen dan akan menyerot banyak wisatawan. Ketika digarap dengan serius oleh pemerintah, ekonomi warga sekitarpun akan naik sehingga pantai Menganti menjadi PR untuk pemerintah Kabupaten Kebumen nantinya.
Nelayan Pantai Menganti Usai Berlayar

Di atas telah saya share sebuah tempat wisata di Jawa Tengah yang berada di Kabupaten Kebumen dengan keindahan pantai dan pasir putih yang menawan. Objek wisata ini tentu saja bisa menjadi pilihan anda untuk berlibur diwaktu yang akan datang.

Pantai Menganti, Keindahan Pantai Pasir Putih Dibalik Bukit Kapur Kebumen Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar